-->

Senin, 18 Juli 2022

5 Cara Jual Baju Online Untuk Pemula

Cara jual baju online adalah salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan selain bekerja. Apalagi kebanyakan pembeli lebih memilih membeli baju secara online karena bisa dengan mudah memilih model dan ukuran yang pas daripada datang langsung ke toko dan harus melakukan tawar-menawar dengan penjual.

Kebiasaan dari pembeli saat membeli baju secara online adalah membandingkan harga dan kualitas dari berbagai toko dengan mudah untuk mendapatkan produk pakaian yang pas. Inilah salah satu kelebihan belanja online yaitu bisa menghemat biaya dan waktu, selain itu dengan adanya berbagai promo diskon menarik juga membuat produk yang dijual secara online semakin banyak diminati.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tips tentang bagaimana cara memulai bisnis jualan baju online yang saat ini memiliki peningkatan jumlah peminat yang sangat dratis. Maka dari itu peluang untuk menjadi pengusaha dengan menjual baju secara online bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah beberapa cara jual baju online pemula.



Cara Jual Baju Online Tanpa Modal

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa saat ini kita bisa jualan baju online tanpa modal. Sehingga anda hanya membutuhkan modal internet dan ponsel atau laptop saja. Seiring berkembangnya trend digital marketing untuk membantu para pengusaha meningkatkan penjualannya, kini hadir layanan affiliate yang memberikan komisi hingga 10% jika anda berhasil menjual produk melalui link anda sendiri.

Caranya pun sangat mudah, pertama anda harus mendaftar layanan affiliate terlebih dahulu seperti shopee affiliate misalnya. Jika anda sudah berhasil mendaftarkan diri, selanjutnya anda bisa membagikan link beberapa produk dengan ketentuan produk tersebut termasuk kedalam produk shopee star atau shopee mall. Saat ada orang lain yang membeli produk seperti halnya baju dengan harga 100.000 melalui link yang anda bagikan, maka anda akan mendapatkan komisi 10% dari total transaksi tersebut atau sebesar 10.000 rupiah.

Komisi 10% yang bisa anda dapatkan ini tentunya adalah hasil yang sangat besar, apalagi jika anda memiliki kolam sendiri seperti grup diskusi yang memiliki banyak member, atau anda bisa memanfaatkan promosi online berbayar untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Maka peluang untuk menghasilkan uang yang banyak akan semakin mudah. Itulah sedikit gambaran tentang cara jualan baju online tanpa modal yang saat ini sudah dilakukan banyak orang.

Cara Jual Baju Online Agar Cepat Laku

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh pebisnis pemula adalah rasa pesimis yang berfikir bahwa tantangan yang akan dihadapi akan sangat berat, misalnya rasa pesimis karena banyaknya kompetitor, rasa pesimis karena harga yang ditawarkan kompetitor jauh lebih murah, dan rasa putus asa karena hingga saat ini sama sekali belum mendapatkan orderan sama sekali.


Sepertinya anda harus banyak belajar dan buang rasa malas supaya bisa mengembangkan bisnis hingga meraih keberhasilan, paling tidak berhasil mendapatkan orderan pertama. Lakukanlah analisa dengan platform yang saat ini anda gunakan untuk berjualan, dan ikutilah permintaan dan minat konsumen jika anda masih pemula dalam membangun bisnis jualan baju online. Tips sederhana dari saya, jangan takut rugi untuk bersedekah yaitu dengan menjual produk dengan harga yang jauh lebih murah, seperti halnya sebuah promo untuk mendapatkan pelanggan baru.


Saat anda mendapatkan orderan pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya dari hasil promosi yang menarik. Maka tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan repeat order dari pengguna yang sama, bahkan bisa juga mendapatkan pelanggan baru jika engagement dan review yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya bagus dan menarik sehingga membuat posisi produk yang anda jual di marketplace akan semakin bagus.

Cara Jualan Baju Online di Shopee

Marketplace shopee adalah pilihan yang tepat karena saat ini memiliki pengguna yang rumayan banyak di Indonesia. Banyak sekali yang sudah sukses dan mendapatkan orderan banyak setiap harinya. Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut tentunya membutuhkan banyak sekali perjuangan dan modal untuk melakukan promosi.

Saya tekankan sekali lagi, jika anda memiliki modal yang cukup lakukanlah promosi yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru untuk meningkatkan personal branding yang bagus. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan engagement dan followers baru sehingga mereka akan kembali belanja pada toko anda di shopee.

Cara untuk menjual baju di shopee pun saya rasa sangat mudah, anda hanya harus mendaftarkan diri menggunakan email google yang sebelumnya sudah anda miliki. Selanjutnya adalah menyiapkan foto produk yang disertai nama produk dan deskripsi yang jelas dan menarik. 

Cara Jual Baju Online di Facebook

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah pengalaman dari salah satu saudara saya yang berbagi tentang kesuksesan menjual baju secara online hanya menggunakan akun facebook saja. Tentunya ini sangat menarik karena teknik yang digunakan bukanlah promosi berbayar seperti halnya menggunakan Facebook Ads untuk melakukan kampanye iklan yang membutuhkan modal banyak.

Bermodalkan trend yang sedang naik saja, yaitu sebuah produk baju anak-anak dengan gambar truk atau disebut dengan istilah gambar truk oleng yang diproduksi sendiri karena kebetulan didekat rumah saudara saya itu ada sebuah industri konveksi kecil-kecilan yang mampu memproduksi berbagai macam kaos sablon.

Berdasarkan obrolan yang kami lakukan, ternyata untuk mendapatkan orderan yang banyak. Hal yang harus dilakukan adalah dengan memasuki berbagai macam grup facebook yang anggotanya mayoritas adalah ibu-ibu yang memilliki anak. Sehingga dengan membuat postingan baju anak-anak, banyak sekali komentar dan respon yang tentunya mengarah ke minat untuk melakukan pembelian produk. Itulah potensi yang bisa anda manfaatkan hanya dengan memanfaatkan akun facebook untuk menjual baju online dan cepat laku.

Cara Jual Baju Online di Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang bisa juga untuk jualan baju secara online. Selain memiliki fitur instagram shop yang berisi tentang produk-produk para pemilik toko yang menawarkan produknya. Ada beberapa teknik lain untuk melakukan penjualan online menggunakan instagram.

Jualan baju online menggunakan Instagram Ads, teknik ini sangat cocok bagi anda yang menguasai teknik digital marketing yaitu dengan pembuatan iklan yang menarik seperti pembuatan video iklan, gambar iklan yang menarik, dan teknik copywriting yang tepat untuk menarik minat konsumen dan penargetan yang pas berdasarkan usia, letak geografis, dan jenis kelamin. Meskipun anda harus mengeluarkan cukup modal untuk melakukan kampanye iklan, peluang untuk mendapatkan keuntungan juga sangat tinggi jika anda menguasai tekniknya.

Cara lain yang bisa anda lakukan dan lebih menghemat biaya alias gratis adalah dengan membuat akun khusus yang berisi semua produk. Setelah itu buatlah video reels yaitu fitur video singkat layaknya shots video youtube maupun video tiktok. Dan terbukti video reels instagram ini bisa dengan cepat menjangkau para pengguna instagram dan saya sendiri sudah melakukannya.

Namun saat membuat video reels jangan lupa juga untuk memasukkan copywriting berupa ajakan untuk melakukan pembelian produk dengan cara yang anda sukai seperti langsung melakukan direct message atau melakukan klik link di bio.

Penutup

Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Jangan lupa bagikan jika artikel ini menarik, dan jangan lupa untuk mengikuti website ini karena saya akan membagikan berbagai tips terbaru tentang cara jualan online berbagai produk yang tentunya bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

Related Posts