Widget HTML #1

Cara Jual Ikan Online Dengan Mudah Menggunakan Marketplace

Untuk bisa menjual atau memasarkan ikan yang sedang anda budidayakan secara online, anda harus fokus untuk mencari pelanggan baru. Hal ini sangat penting karena jika seorang pengusaha harus bisa memanfaatkan peluang dengan menyesuaikan kebutuhan pasar. Sehingga cara jual ikan online ini bisa menjadi solusi disaat banyak orang yang mengandalkan internet sebagai media untuk belanja online. Setelah anda memiliki pelanggan baru dan merasa puas dengan produk yang anda jual, anda bisa memiliki kesempatan membangun basis pelanggan setia yang dapat meningkatkan pendapatan yang lebih maksimal.

Cara Jualan Ikan Online

Cara Jualan Ikan Online

Saat menjual ikan secara online, hal terpeting yang harus dilakukan layaknya para penjual lain yang memasarkan produk mereka secara online adalah membuat promosi penjualan online dengan menggunakan gambar yang menarik dan teknik copywriting yang bisa menarik pelanggan. Sehingga branding yang anda buat bisa lebih bagus, apalagi produk yang anda tawarkan adalah ikan.

Selain membutuhkan perawatan yang baik, menjual ikan secara online tentunya bukan hal yang mudah. Banyak sekali resiko yang bisa saja terjadi dan anda harus siap dengan semua resikonya. Misalnya pada saat anda mendapatkan orderan dari pelanggan yang jaraknya rumayan jauh, pastinya harus menggunakan jasa pengiriman yang memberikan garansi. Supaya kerugian yang anda terima tidak terlalu besar jika ada masalah dalam pengiriman ikan.

Cara Jual Online Ikan Cupang

Dari sekian banyaknya jenis ikan, mungkin ikan cupang adalah salah satu rekomendasi yang bisa anda manfaatkan. Jenis ikan hias ini memang beberapa waktu belakangan ini sedang diminati oleh banyak orang terutama bagi anak-anak yang hobi dengan ikan cupang. 

Jika anda memperhatikan para penjual ikan cupang yang berada di pinggir jalan maupun di sekitar pasar mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara mereka memasang dagangannya yaitu dengan menggunakan kemasan plastik yang tentunya sudah diisi air dengan oksigen supaya ikan bisa nyaman saat berada di dalam plastik.

Hal ini membuat peluang jualan ikan cupang secara online menjadi lebih mudah. Pasalnya cara perawatan yang mudah karena membutuhkan space atau tempat yang kecil seperti toples dan plastik, anda sudah bisa mengirim ikan cupang ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Cara Jual Ikan Hias Online

Menjual ikan hias secara online mungkin adalah salah satu usaha yang menguntungkan jika anda bisa menghadapi tantangan pada saat menggeluti bidang usaha yang satu ini. Tetapi tidak semua jenis ikan hias bisa dipasarkan secara online, apalagi ikan hias yang memiliki harga yang sangat fantastis seperti ikan arwana. Satu ikan saja dijual dengan harga puluhan juta dan dilengkapi dengan sertifikat resmi. Dan ikan ini juga termasuk ikan yang dilindungi.

Untuk mulai menjual ikan hias secara online, sebaiknya anda harus terlebih dahulu menyesuaikan platform yang anda gunakan untuk melakukan transaksi jual beli ikan. Jika anda menjual ikan cupang, mungkin tidak masalah jika anda menjualnya menggunakan marketplace shopee atau tokopedia. Tetapi jika jenis ikan hias yang anda jual adalah ikan dengan harga yang mahal, maka saya menyarankan untuk menawarkan ikan tersebut pada forum diskusi pecinta ikan yang berada di facebook atau media sosial lainnya.

Bukan tanpa alasan karena resiko yang besar dan cara perawatan ikan yang sulit, jika anda melakukan transaksi yang aman dengan menemui pembeli secara langsung dan melakukan transaksi cash on delivery, semua proses pastinya akan berjalan lancar.

Jadi jika anda ingin menjual ikan hias secara online harus memperhatikan dulu karakteristik ikan dan nilai jual ikan untuk meminimalisir tingkat kerugian yang bisa saja anda terima karena terjadi suatu hal seperti ikan mati pada saat pengiriman, apalagi tidak semua jasa pengiriman melayani pengiriman binatang hidup dan memberikan asuransi.


Cara Jual Ikan Segar Online

Menjual ikan segar secara online juga menjadi salah satu rekomendasi bagi anda jika kebetulan berada di daerah pesisir pantai atau di sekitar sentra penghasil ikan. Bahkan banyak sekali pengusaha yang sudah sukses dengan memasarkan produk perikanan ke luar negeri seperti ke Jepang, Amerika Serikat, dan berbagai Negara lainnya. Karena produk unggulan seperti ikan tuna dan lobster sangat digemari di berbagai negara. Apalagi hasil perikanan di Indonesia sangatlah melimpah.

Dengan mempelajari teknik pengemasan yang benar seperti teknologi vacuum dan sejenisnya, sudah bisa dipastikan ikan yang anda kirim selalu dalam keadaan segar dan aman. Namun harus memperhatikan jasa pengiriman ikan segar, karena suhu di dalam kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan dingin. Sehingga anda harus menggunakan jasa pengiriman ikan yang sudah dilengkapi dengan pendingin.

Cara Jual Ikan Asin Online

Bagi anda yang ingin menjual ikan tetapi tidak ingin ribet dalam pengelolaannya, mungkin menjual ikan asin secara online adalah solusinya. Ikan asin adalah ikan yang sudah dikeringkan dan ditambahkan dengan garam, sehingga kondisinya akan tetap terjaga dan sudah pasti aman hingga siap dikonsumsi.

Proses pengemasan pun tidak serumit seperti halnya jualan ikan cupang maupun ikan segar. Karena anda bisa memanfaatkan packing plastik biasa dan memberikan branding toko yang anda miliki supaya lebih menarik dan berkualitas.

Memanfaatkan Marketplace Untuk Jual Beli Online

Cara termudah untuk melakukan jualan online adalah menggunakan marketplace online. Mungkin banyak sekali yang sudah paham dengan cara jual ikan di tokopedia dan cara jual ikan di shopee karena kedua platform digital tersebut banyak sekali digunakan untuk jual beli online. Dengan berbagai jenis produk yang dijual, dan kemudahan dalam transaksi pembayaran. Keamanan proses transaksi adalah hal yang paling penting, sehingga antara penjual dan pembeli sama-sama merasakan manfaatnya.