-->

Rabu, 20 Juli 2022

Cara Menjual Jasa Secara Online

Tidak hanya produk saja yang bisa dijual secara online, karena anda juga bisa mempelajari cara menjual jasa online yang saat ini dilakukan oleh freelancer maupun mereka yang sudah fokus untuk menggeluti bidang ini secara fulltime. Bagaimana cara mendapatkan pelanggan yang didapatkan melalui internet? dan jasa seperti apa yang hingga saat ini masih potensial? semuanya akan saya bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjual jasa secara online sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu potensi dan kemampuan apa yang saat ini anda miliki. Misalnya saya anda ahli dalam hal editing video. Maka teruslah belajar untuk bisa menguasai beberapa software editing video seperti adobe premier pro, adobe after effect, filmora, dan software yang lainnya dan tentunya berkaitan dalam hal editing video.

cara menjual jasa online

Buatlah Personal Branding Yang Kuat Untuk Menjual Jasa Online

Selanjutnya adalah membangun personal branding yang kuat yang menggambarkan tentang diri anda nantinya. Karena untuk menjangkau banyak pelanggan yang bisa dijangkau melalui internet, pastinya harus membuat akun sosial media, website, dan channel youtube untuk melakukan promosi online.

Saat anda mempunyai sebuah brand atau nama yang kuat dan mudah untuk diingat, ditambah lagi sudah ada beberapa pelanggan yang puas dengan hasil yang baru saja anda kerjakan, pasti mereka akan melakukan repeat order dan terus menggunakan jasa yang anda tawarkan.


Pililhlah Media Yang Tepat Untuk Melakukan Promosi

Promosi sangatlah penting untuk mengenalkan bisnis jasa yang anda jalankan. Meskipun banyak media online yang bisa sekaligus anda gunakan, tetapi sebaiknya harus fokus dengan salah satu media yang tepat supaya hasilnya bisa maksimal. Apalagi bisnis jasa yang anda jalankan masih dikelola sendiri atau belum memiliki tim.

Selain itu tingkat relevansi media dalam melakukan promosi juga menjadi faktor sukses atau tidaknya anda dalam mengenalkan bisnis jasa editing video seperti yang saya jelaskan pada artilkel ini.

Cara Mengetahui Potensi Jasa Editing Video Online

Bicara tentang potensi dan peluang, alangkah baiknya untuk belajar melakukan riset menggunakan platform yang saat ini anda kuasai. Misalnya jika anda fokus dengan melakukan promosi menggunakan website, hal yang harus dilakukan adalah riset kata kunci berdasarkan minat dan keinginan pelanggan berdasarkan data hasil pencarian di google melalui tools gratisan seperti google trends.

Hal diatas adalah salah satu metode atau cara teknikal untuk mengetahui volume pencarian berdasarkan data yang sudah dirangkum oleh goolge. Sehingga anda bisa mengetahui minat konsumen seperti apa dan volume pencarian harian hingga bulanan sebesar apa.

Selain analisa teknikal anda juga bisa melakukan analisa langsung yaitu dengan melihat peluang pasar dengan pemikiran sendiri. Contohnya saat ini banyak sekali orang atau perusahaan yang membangun channel youtube dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang ingin mendapatkan penghasilan dari youtube dan ada juga yang ingin memperkenalkan produk mereka melalui youtube.

Bisa disimpulkan bahwa peluang jasa editing video masih sangatlah besar karena tidak semua pebisnis yang menggunakan channel youtube menguasai teknik editing video yang bagus dan belum memiliki tim khusus sama sekali. Bisa saja anda diterima untuk menjadi bagian dari bisnis mereka jika anda mengajukan penawaran kerja sama dengan menghubungi pihak terkait.

Kesimpulan

Pembahasan tentang jasa editing video online mungkin hanyalah satu diantara ribuan jasa yang bisa anda manfaatkan secara online. Namun anda harus percaya dan yakin dengan potensi yang anda miliki untuk memanfaatkan peluang, dan yang terpenting adalah konsistensi dan komitmen yang harus kuat supaya tidak mudah terpengaruh dan tergiur dengan hal yang lain yang keluar dari omongan orang lain dan belum tentu cocok untuk anda.

Related Posts