Widget HTML #1

Cara Jualan Baju di Shopee Bagi Pemula

Cara jualan baju di shopee sangatlah mudah jika dibandingkan dengan jualan baju offline. Apalagi bagi pelaku bisnis yang masih pemula dan tidak memiliki pengalaman sama sekali, marketplace seperti shopee adalah salah satu dari sekian banyak marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu platform.

Mungkin bagi pebisnis yang berpengalaman dan memegang brand besar tidaklah masalah saat ingin membuka kios atau distro di kawasan tertentu seperti mall, pasar, dan pusat perbelanjaan lainnya. Selain brand sudah dikenal, pengalaman yang sudah didapatkan bersama tim yang solid membuat bisnis bisa mudah berkembang dan bisa diterima oleh masyarakat.

Baju Anak Perempuan

Namun bagi pemula sepertinya akan mengalami banyak hambatan karena keterbatasan dana dan pengalaman. Sehingga proses untuk menuju kesuksesan harus melewati berbagai rintangan dan tantangan. Hal itulah yang mendorong saya untuk membahas tentang bagaimana cara menjual baju di shopee yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil namun mendapatkan potensi yang besar.

Apakah Jualan Baju di Shopee Bisa Menguntungkan?

Meskipun saya tidak menjamin untung atau tidaknya anda dalam merintis jualan baju menggunakan marketplace, namun sudah banyak orang yang sukses dengan menjual produk pakaian seperti baju, celana, daster, busana muslim, dan beberapa produk pakaian lainnya dan berhasil hanya dalam waktu beberapa bulan.

Kunci untuk mendapatkan kesuksesan adalah niat yang kuat, konsistensi, dan melakukan promosi yang tepat untuk menjangkau konsumen dan mendapatkan pelanggan baru. Jika anda tidak memiliki modal untuk membuat kampanye iklan berbayar, cukup mengandalkan promosi gratis dengan membagikan link melalui media sosial dengan target keluarga dekat, teman dekat, dan beberapa forum lain seperti forum diskusi di facebook.

Promosi produk yang anda jual sangatlah penting dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan pertama dan berikutnya, sehingga toko online yang anda kelola bisa mendapatkan engagement dan review yang bagus dari para pembeli.

Kelebihan Jualan Baju di Shopee

Shopee adalah platform digital yang bisa digunakan di PC maupun ponsel, menurut sumber yang saya baca. Pengguna aktif harian bisa mencapai puluhan juta pengguna, sehingga membuat pasar digital ini lebih menggiurkan dan lebih potensial untuk melakukan jualan online.

Shopee juga memiliki branding yang kuat dengan banyaknya iklan di televisi maupun media online yang membagikan promo gratis ongkir maupun diskon besar setiap bulan. Sehingga bukan tidak mungkin toko online yang sudah anda buat bisa mendatangkan pelanggan dengan cepat.

Pentingnya Optimasi Toko di Shopee

Meskipun toko online di akun shopee tidak menerapkan aturan khusus untuk membangun brand toko, namun anda juga harus membuat brand yang kuat supaya bisa dipercaya oleh customer yang akan melakukan order.

Selain optimasi dari segi branding toko yang meliputi nama, foto, dan sampul. Optimasi lain yang harus dilakukan adalah riset kata kunci, memaksimalkan foto produk, dan memberikan deskripsi yang lengkap. 

Dengan melakukan optimasi seperti yang saya jelaskan diatas, produk yang anda jual berpeluang untuk mendapatkan posisi terbaik dari sekian banyak kompetitor lain yang menjual produk yang sama.

Rekomendasi Produk Baju Untuk Jualan di Shopee

Untuk mendapatkan produk yang potensial khususnya baju yang memiliki banyak jenis dari berbagai umur. Anda harus memilih salah satu supaya tidak membuat pelanggan bingung dan betah untuk mencari produk yang sejenis di toko online anda.

Misalnya anda memilih berjualan baju anak perempuan dan mengisi berbagai produk yang berhubungan dengan karakter dan warna yang disukai anak perempuan. Misalnya produk baju anak perempuan dengan gambar kuda poni, hello kitty, dan beberapa karakter lainnya. 

Jika anda memiliki produk dengan berbagai jenis yang cocok untuk anak perempuan, maka peluang untuk mendapatkan orderan akan semakin tinggi.


Tetapi jika anda memiliki produk campuran saat membuat toko online baru dan belum memiliki pelanggan sama sekali. Peluang untuk mendapatkan orderan akan semakin kecil dikarenakan membuat pembeli bingung dengan berbagai produk yang tidak sejenis.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, tentang bagaimana cara jualan online bagi pemula yang memanfaatkan marketplace shopee. Sebenarnya masih banyak cerita dan pengalaman lain yang saya dapatkan dengan obrolan bersama teman-teman di lingkungan saya yang kemungkinan akan saya bahas kembali pada artikel selanjutnya, maka dari itu terus ikuti website ini untuk mendapatkan informasi terbaru dan bermanfaat lainnya.