-->

Rabu, 18 Oktober 2023

Mengenal Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow

Dari beberapa jenis backlink ada backlink dofollow dan backlink nofollow yang serupa tapi tak sama. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dan penggunaannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan website anda. Dan kedua backlink ini sangat dibutuhkan untuk pembuatan jaringan link building yang bisa memperkuat kualitas website anda di mesin pencari.


Perbedaan utama antara backlink "dofollow" dan "nofollow" adalah dalam cara mesin pencari menginterpretasikan dan mengikutinya. Inilah perbedaannya:

Backlink Dofollow

Mengizinkan Pengikut

Backlink dofollow memberikan izin bagi mesin pencari untuk mengikuti tautan dan mengindeks situs web yang ditautkan.

Mengirim Nilai SEO

Backlink dofollow memberikan "link juice" atau nilai SEO kepada situs web yang ditautkan. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat SEO situs web yang menerima backlink jika tautannya berasal dari situs web berkualitas tinggi.

Warna Tautan Biasa

Biasanya, tautan dofollow memiliki tampilan warna biru pada teks tautan.

Backlink Nofollow

Mencegah pengikut

Backlink nofollow mengandung atribut "rel=nofollow" yang memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan. Ini berarti mesin pencari tidak mengalokasikan "link juice" atau nilai SEO ke situs yang ditautkan.

Digunakan untuk Menghindari Spam

Backlink nofollow umumnya digunakan di komentar blog, tautan sponsor, dan tempat lain di mana pemilik situs ingin menghindari spam atau tautan yang tidak relevan.

Warna Tautan Berbeda

Tautan nofollow sering ditandai dengan warna merah, abu-abu, atau memiliki garis bawah putus-putus (bergantung pada desain situs).
Pemilik situs menggunakan atribut nofollow untuk mengontrol bagaimana tautan mereka berinteraksi dengan mesin pencari. Mereka mungkin ingin menjaga otoritas situs mereka atau menghindari tautan yang tidak relevan atau berpotensi merugikan.

Kedua jenis backlink memiliki nilai dalam strategi SEO Anda. Backlink dofollow lebih kuat dalam hal meningkatkan peringkat mesin pencari, sementara backlink nofollow dapat membantu dalam hal trafik dan pengakuan merek. Jadi, kualitas dan konteks backlink juga penting selain jenisnya.

Penyedia jasa backlink pada umumnya memiliki beberapa situs untuk pemasangan backlink yang terdiri dari beberapa paket, dan biasanya juga pasti ada backlink dofollow dan sebagian backlink nofollow. Karena keduanya memang saling melengkapi dan pasti dibutuhkan.

Penutup

Mudah-mudahan informasi mengenai backlink dofollow dan nofollow ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan pilihan backlink yang tepat. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena saya akan kembali lagi untuk membagikan berbagai tips dan informasi menarik pada artikel selanjutnya.

Related Posts