-->

Minggu, 28 Agustus 2022

Cara Berjualan Di Tiktok Shop Untuk Pemula

Tiktok adalah sebuah platform digital yang berisi konten video dari berbagai konten kreator dan influencer di seluruh Dunia. Dengan memiliki ciri khas video singkat dengan dimensi vertikal dan mengikuti ukuran layar ponsel, perkembangannya begitu pesat dan paling banyak diminati diantara platform video lain yang telah ada. 

Apalagi saat ini banyak sekali kejadian viral yang dikemas dalam bentuk video tiktok dan bisa dengan cepat menyebar, sehingga menjangkau jutaan pengguna yang menggunakan aplikasi ini.

Cara Berjualan di Tiktok

Dari sisi bisnis memang sangat menggiurkan jika kita memanfaatkan platform ini untuk jualan online. 

1. Cara Berjualan di Tiktok

Sebelum memulai untuk berjualan online alangkah baiknya jika mempelajari terlebih dahulu algoritma TikTok dan cara membuat video yang menarik dan bagus. Sehingga anda bisa menjangkau banyak pengguna dengan cepat.

Jadi intinya berhubung platform yang digunakan ini adalah media hiburan, maka anda harus bisa menghibur dan menarik minat pengguna untuk mengikuti dan berinteraksi dengan akun yang anda buat.

2. Hindari Jualan Secara Langsung Pada Akun TikTok Yang Masih Baru

Akun tiktok yang baru dibuat sebaiknya fokus terlebih dahulu dengan konten-konten yang bermanfaat dan menghibur supaya menjangkau banyak orang dan mendapatkan engagement yang bagus.

Ibarat kata sharing-sharing dahulu selling-selling kemudian. Karena jika akun anda hanya memiliki pengikut yang sedikit dan belum bisa mendapatkan konten yang berhasil FYP akan sangat sulit jika anda langsung melakukan jualan produk.

Maka saran saya silahkan untuk fokus membuat konten terlebih dahulu, setelah akun sudah berumur dan memiliki banyak pengikut, anda bisa langsung memulai untuk berjualan.

3. Buatlah Konten Yang Original Hasil Buatan Sendiri

Bukan hanya untuk akun TikTok saja, semua platform media sosial pastinya mengikuti aturan sendiri terutama pada masalah hak cipta atau copyright. Saat anda mengambil konten orang lain tanpa izin dan mengunggahnya begitu saja, pemilik konten yang asli berhak untuk melaporkan dan konten anda akan terkena takedown nantinya.

Sehingga konten yang original meskipun tidak sebagus konten dari orang lain pastinya lebih dihargai daripada anda mengambil orang lain begitu saja tanpa izin.

Dan konten yang original dan unik pastinya lebih disukai oleh sistem maupun user, sehingga bisa dengan mudah berkembang dan mendapatkan banyak pengikut atau followers.


4. Cara Menjual Produk di Tiktok

Setelah anda memiliki konten yang bagus dan bisa menjangkau banyak pengguna, selanjutnya ajalah memulai untuk jualan produk dengan memberikan informasi pada konten video mengenai cara pemasangan, link pemesanan dan sebagainya.

Jika anda menguasai aplikasi online shop seperti shopee, tokopedia, dan aplikasi lainnya, anda bisa memasang link produk tersebut di dalam bio akun tiktok anda.

Namun jika anda menggunakan beberapa akun online shop sekaligus bisa menggunakan landing page maupun website untuk mengarahkan pengguna TikTok supaya bisa melakukan order dengan mudah.

5. Keuntungan Menjual Produk Dengan Marketplace

Platform marketplace atau online shop memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan aman dan mempermudah bertemunya penjual dan pembeli. Sehingga peluang untuk mendapatkan order akan sangat tinggi.

Bayangkan jika anda hanya memanfaatkan fitur direct message maupun order via whatsapp saja, pasti pembeli tidak akan percaya begitu saja karena tidak ada pihak ketiga yang bisa menjamin proses transaksi tersebut. 

Sehingga penggunaan aplikasi online shop sangat penting untuk memberikan pelayanan yang aman dan terbaik kepada semua calon pembeli.


6. Cara Berjualan di Tiktok Shop

Terakhir adalah cara yang paling mudah dan menjadi inti dari pembahasan pada artikel kali ini. Yaitu cara berjualan di TikTok shop secara langsung tanpa harus memiliki akun online shop atau marketplace sebelumnya.

Belakangan ini TikTok telah menambahkan fitur baru yaitu TikTok shop yang memungkinkan pengguna akun TikTok bisa melakukan jualan secara langsung. Sehingga bisa disebut ada sebuah aplikasi online shop yang berada pada aplikasi video tersebut.

Anda cukup melakukan registrasi dan mengikuti arahan yang diberikan, dan selanjutnya tinggal menambahkan konten dengan deskripsi yang lengkap pada postingan tersebut.

Related Posts