-->

Sabtu, 27 Agustus 2022

Cara Berjualan Di Instagram Bagi Pemula

Jualan online melalui instagram adalah cara yang bagus dan ampuh bagi pebisnis baru untuk mendapatkan pelanggan dan mulai menghasilkan uang. Namun bisa juga menjadi sulit jika anda tidak memahami cara mempromosikan produk secara efektif dan melakukan optimasi saat menggunakan instagram.

Dengan mengikuti beberapa langkah mudah yang akan saya bahas pada artikel kali ini anda bisa meningkatkan potensi jualan online dengan instagram dan bisa langsung memulai saat ini juga. Karena jika anda tidak mencobanya mulai dari sekarang, berarti peluang akan terbuang dengan sia-sia.

cara berjualan di instagram

Instagram adalah platform jejaring sosial seluler terbesar di dunia dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif yang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Maka tidak heran jika Instagram menjadi salah satu tempat populer untuk mempromosikan produk dan layanan lainnya karena konektivitas yang bagus untuk menjangkau berbagai pengguna diseluruh dunia.

Orang-orang menggunakan Instagram untuk berbagi foto dan video dengan teman dan pengikut mereka, namun banyak sekali yang memanfaatkan instagram untuk mempromosikan bisnis mereka.

Berikut ini adalah cara berjualan di instagram yang bisa anda lakukan dengan mudah dan bisa anda membantu anda dalam memulai bisnis jualan online.

Buatlah Deskripsi Yang Menarik Dengan Teknik Copywriting Yang Benar

Buat deskripsi yang menarik untuk semua foto dan video anda supaya lebih menarik perhatian pengguna instagram dan mendapatkan kualitas konten yang baik.

Caption dan deskripsi sangat penting karena calon pembeli pastinya membutuhkan informasi yang lengkap tentang produk yang sedanga anda jual. Hal ini terbukti bagi yang pintar dalam melakukan copywriting dan konten yang unik selalu berhasil mendapatkan banyak pelanggan baru.

Buatlah Konten Berdasarkan Kejadian Yang Sedang Viral

Untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih banyak, anda bisa membuat konten berdasarkan kejadian yang sedang viral. Misalnya menyelipkan kata kunci viral tersebut, atau menggunakan audio yang sedang ramai saat menggunakan fitur reels atau video singkat dari Instagram.

Menjadi seorang kreator konten memang harus selalu memberikan hal baru dan kreativitas yang tinggi supaya setiap postingan yang anda unggah selalu mendapatkan engagement dan jangkauan yang luas.

Buatlah Informasi Yang Lengkap Pada Konten Instagram

Anda juga dapat menyertakan daftar harga, deskripsi barang secara detail, kapan penjualan berlangsung, berapa banyak barang yang tersisa dalam stok, biaya pengiriman apa pun jika berlaku, dan kapan barang akan dikirim ke calon pembeli.

Selain pada bagian deskripsi postingan, dengan konten gambar dan video pada instagram. Anda juga bisa memasukkan kata-kata pada bagian konten, hal ini dikarenakan pengguna instagram akan tertarik melihat konten terlebih dahulu sebelum membaca deskripsi postingan.

Posting Konten Instagram Pada Waktu Yang Pas

Memposting konten dengan cara yang terorganisir dan menarik akan membantu calon pelanggan membuat keputusan yang tepat saat membeli produk dari anda.

Namun saat membahas waktu yang pas, sepertinya anda harus melakukan riset terlebih dahulu supaya bisa mengetahui kapan waktu yang pas untuk mengunggah konten. Misalnya menurut pengamatan saya sebagai pengguna Instagram, waktu yang pas adalah pagi hari, siang hari, dan sore hari menjelang malam. Karena waktu seperti ini adalah waktu dimana para pekerja mendapatkan waktu luang mereka dan menyempatkan diri untuk membuka instagram.

Sehingga anda harus selalu menghindari jam sibuk atau malam hari karena pasti hampir semua orang sedang tidur.

Perhatikan Pengaturan Privasi Supaya Bisa Membuat Pembeli Penasaran

Gunakan pengaturan privasi profi untuk membatasi siapa yang melihat konten instagram anda. Sehingga mereka yang penasaran pasti akan melakukan follow akun terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi secara detail dan melakukan interaksi seperti mengirimkan direct message maupun komentar pada postingan.

Dengan cara ini, hanya orang yang Kamu inginkan untuk melihat konten Kamu yang dapat melakukannya. Dan anda bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan followers atau pengikut baru pada akun instagram.

Aktif Untuk Memberikan Interaksi Dengan Konten Yang Sedang Viral

Untuk cara yang terakhir ini masih sangat ampuh dan banyak yang melakukannya hingga saat ini. Misalnya saat melihat konten viral yang diposting oleh media besar maupun influencer. Anda bisa ikut serta untuk memberikan komentar dan menyelipkan promosi produk yang sedang anda jual.

Dengan demikian pengguna instagram yang sedang membaca komentar akan tertarik dan mengunjungi akun instagram anda.

Related Posts