Widget HTML #1

Cara Menjual Foto Lewat Shutterstock Dengan Android

Cara menjual foto di shutterstock sepertinya akan mengalami peningkatan seiring banyaknya minat pengguna ponsel android yang ingin menghasilkan uang dengan cara menjual koleksi foto mereka melalui situs shutterstock. Apalagi di beberapa media sosial kita sempat dihebohkan oleh seseorang yang berhasil menjual foto dengan harga yang fantastis hingga puluhan dollar.

Namun sebelum anda ingin mulai berjualan foto, sebaiknya lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan, hingga melengkapi beberapa persyaratan untuk registrasi seperti alamat, nomor identitas, dan masih banyak lagi. Langsung saja untuk mengunjungi link https://submit.shutterstock.com/ untuk melakukan pendaftaran sebagai shutterstock contributors.


Apa Perbedaan Shutterstock dan Shutterstock Contributor?

Shutterstock adalah sebuah website yang menyediakan berbagai foto dengan tema yang berbeda-beda dan unik. Tetapi semuanya berbayar dan tidak gratis, namun dengan biaya yang anda keluarkan untuk membeli foto, anda bisa menggunakannya untuk kepentingan komersil seperti untuk pembuatan banner iklan, pembuatan sampul website, dan beberapa keperluan lainnya yang membutuhkan foto atau gambar pelengkap.

Sedangkan shutterstock contributor adalah platform yang digunakan oleh para konten kreator maupun fotografer yang ingin menjual foto mereka dengan harapan untuk menghasilkan uang dari hasil penjualan. Dan inilah yang nantinya akan saya jelaskan pada artikel kali ini, yaitu bagaimana cara menjual foto di shutterstock dan mulai menghasilkan uang.

Cara Jual Foto di Shutterstock Android

Saat ini ponsel android keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kamera yang memiliki spesifikasi tinggi layaknya kamera profesional. Hal itulah yang mendorong pemilik ponsel ingin berbagi foto yang sebelumnya tersimpan di gallery supaya bisa memiliki nilai lebih atau menghasilkan uang. misalnya seperti foto pemandangan, foto makanan, foto suasana perkotaan, dan berbagai jenis foto lainnya yang kira-kira bisa terlihat menarik dan diminati banyak orang.

Namun menjual foto di shutterstock tidak semudah seperti yang anda bayangkan, saya sendiri sudah berhasil mengunggah puluhan foto dan hingga saat ini belum ada yang terjual sama sekali. Tetapi jangan khawatir, karena ini memang bukan passion saya karena awalnya hanya ingin coba-coba.

Setelah saya membaca informasi di berbagai forum shutterstock contributor, supaya bisa berhasil mendapatkan uang dari hasil penjualan foto ada beberapa tips yang wajib anda lakukan yaitu seperti berikut ini.
  1. Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui foto apa saja yang paling banyak diminati.
  2. Unggah foto sebanyak-banyaknya.
  3. Lengkapilah judul dan deskripsi dengan bahasa yang baik dan benar.
  4. Usahakan kata kunci untuk judul dan deskripsi sesuai dengan minat pencari foto di shutterstock.
  5. Rajin upload foto setiap hari.
  6. Bagikanlah link portfolio anda ke berbagai media sosial dan forum yang berkaitan dengan kebutuhan foto terbaru.
Jika anda rutin menambahkan foto terbaru setiap hari dan tepat sasaran, peluang untuk mendapatkan orderan pertama akan semakin besar. Apalagi jika sudah mendapatkan orderan pertama, untuk mendapatkan orderan selanjutnya akan lebih cepat karena personal branding yang anda miliki sudah mulai dikenal dan mudah ditemukan.

Rekomendasi Pembuatan Konten di Shutterstock

Jika anda memiliki keahlian dalam editing foto seperti penggunaan software adobe potoshop dan adobe ilustrator mungkin konten yang akan saya bahas kali ini bisa membantu anda dalam memaksimalkan konten yang berkualitas dan berhasil mendapatkan pembelian pertama dari pengguna shutterstock.

Shutterstock adalah situs internasional yang setiap harinya diakses oleh pengguna dari berbagai negara di seluruh dunia. Maka dari itu anda harus mengikuti perkembangan internasional supaya bisa mendapatkan inspirasi dalam pembuatan konten.

Misalnya pada saat musim Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia, maka dari itu buatlah sebuah gambar atau poster ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang lengkap dengan tahun terbaru. Buatlah lebih dari satu konten untuk membuat peluang mendapatkan orderan menjadi lebih besar.

Beberapa tips yang saya bagikan ini adalah pengalaman dari beberapa member grup atau forum yang saya ikuti di media sosial. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam menjalankan pekerjaan sampingan yaitu berjualan foto secara online untuk menghasilkan uang.

Penutup

Segala jenis usaha pastinya membutuhkan kerja keras dan usaha yang maksimal. Karena untuk mencapai kesuksesan di bidang apapun, jika anda malas dalam mengerjakannya maka akan mustahil untuk mencapai keberhasilan dengan cepat. Saya rasa cukup sekian dulu artikel pada kali ini, jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik saya yang lainnya di website ini.